Friday, 29 April 2016

Tampilan Powerpoint Berantakan, Tetapi Di Komputer Lain Normal, Ini Solusinya

Pojokshare.com- Beberapa hari lalu admin pojokshare.com mengalami suatu permasalahan di mana file powerpoint berantakan ketika di buka melalui laptop. Tampilan powerpoint berantakan dan tak beraturan, tetapi setelah di buka di komputer lain kondisinya baik-baik saja alias normal.

Awalnya saya berfikir ini disebabkan oleh aplikasi powerpoint yang ada di laptop mengalami kerusakan, serangan virus ataupun adanya perbedaan versi pada powerpoint. Akhinya saya coba untuk menginstal ulang MS. Office dan ternyata hasil tetap sama, powerpoint yang di buka tetap berantakan. Selanjutnya coba pasang powerpoint versi terbaru namun hasilnya masih sama.

Skip...Skip..dan akhirnya solusipun di dapat.

Ternyata yang menyebabkan tampilan powerpoint berantakan ketika di buka di laptop di karenakan settingan Default Printer yang ada di laptop. 

What ?????? emangnya settingan printer bisa mempengaruhi tampilan powerpoint ?

Usut punya usut ternyata jawabannya bisa loh, meskipun kalo di pikir-pikir apa sih hubungannya wong kita gak ngeprint dan hanya menjalankan powerpoint saja.

Memang tidak semua jenis printer mempengaruhi tampilan powerpoint. Adapun jenis printer yang mempengaruhi tampilan powerpoint hingga menjadi berantakan adalah jenis "PRINTER DOT MATRIX". Contoh printer dot matrix seperti "EPSON LX-310 ESC/P".

LALU APA SOLUSI UNTUK MENGATASINYA ?

Solusinya ubahlah settingan default printer pada laptop, dimana yang tadinya default printer adalah "PRINTER DOT MATRIX", di rubah menjadi ke printer biasa.

Caranya :

Klik "Star" >> lalu pilih "Devices and Printers" (lihat gambar di bawah)


Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Coba anda lihat logo printer "EPSON LX-310 ESC/P" terdapat tanda ceklis hijau. Ini artinya printer dot matrik epson lx-310 menjadi deafault printer.

Tugas kita sekarang adalah merubah default printer menjadi jenis printer lain.


Pada gambar di bawah terdapat banyak logo printer, tapi saya akan memilih printer "canon iP2700". Klik kanan pada gambar printer "canon iP2700", lalu pilih " Set as default printer".


Kini default printer telah berubah menjadi printer canon ip2700 series.

Coba buka kembali file powerpoint yang memiliki tampilan berantakan tadi dan anda akan menemukan tampilan yang berubah normal

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.