Friday, 18 December 2015

Cara Menangkap Burung Tekukur Dengan Mudah Dan Tanpa Melukainya

Pojokshare.com- Burung tekukur merupakan burung sejenis merpati namun memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil. Burung ini memiliki ciri fisik berbulu coklat yang disertai bercak-bercak hitam dan putih di beberapa bagian seperti leher dan punggung.

Burung tekukur memiliki suara yang khas, tak heran beberapa pencinta burung menjadikan burung tekukur sebagai hewan peliharaan. Populasi burung tekukur di indonesia masih cukup tinggi dan mudah untuk di jumpai. Walaupun begitu, harga burung tekukur di pasaran masih terbilang cukup mahal yakni mencapai ratusan ribu.
Menangkap burung tekukur sangatlah mudah dan semua orang pasti dapat melakukannya. Ada beberapa cara yang biasa di lakukan untuk menangkap ataupun berburu tekukur, antara lain memikat menggunakan kandang, menjerat menggunakan jaring burung, menjerat menggunakan getah atau lem tikus, menangkap menggunakan beras/jagung yang telah di rendam alkohol dan yang terakhir menggunakan senapan.

Dari sekian banyak cara, maka cara terbaik untuk menangkap burung tekukur adalah menggunakan jaring burung dan juga menggunakan beras atau jagung yang telah di rendam arak/alkohol. Cara ini sangat di anjurkan karena tidak akan melukai ataupun membuat burung tekukur menjadi cidera, sehingga burung dapat terus hidup untuk di pelihara.

Cara Menangkap Burung Tekukur Menggunakan Jaring

Persiapkan Bahan-Bahan
  1. Jaring burung ukuran 2 x 10 meter (Beli di toko burung Rp 50.000)
  2. Tiang besi/bambu sepanjang 8 meter sebanyak 2 buah
  3. Suara pikat burung tekukur (DOWNLOAD DISINI)

Proses Menjerat Burung Tekukur
  • Sebelum memasang jaring, alangkah baiknya di lakukan pengintaian terlebih dahulu lokasi mana saja yang sering di datangi burung tekukur. Lokasi terbaik untuk memasang jaring adalah lokasi di dekat semak-semak dan pepohonan. Alangkah lebih baiknya di sekitar lokasi ada pohon sumber makanan burung.
  • Setelah lokasi ditentukan, selanjutnya pasanglah jaring menggunakan 2 tiang yang di tancapkan ke dalam tanah.
  • Hidupkan suara rekaman burung tekukur menggunakan handphone yang memiliki speaker yang keras. Selanjutnya sembunyikan handphone di dekat jaring dengan cara ditutupi menggunakan dedaunan kering.
  • Tinggalkanlah jaring dan amati dari kejauhan.
  • Bila beruntung, anda akan mendapati burung tekukur tersangkut di jaring.
  • Lepaskan secara hati-hati burung tekukur yang tersangkut. Jangan melepaskannya secara paksa karena dapat merobek jaring burung.


Cara Menangkap Burung Tekukur Menggunakan Beras atau Jagung

Bahan-Bahan
  1. Arak atau alkohol 50%
  2. Beras atau jagung Secukupnya
Persiapan

Rendamlah beras atau jagung kedalam arak/alkohol selama kurang lebih 12 jam.
Setelah itu jemur beras/jagung di terik panas matahari selama 1 - 2 hari

Proses Menangkap Tekukur
  • Amati lokasi mana saja yang sering di datangi tekukur untuk mencari makan. Biasanya tekukur akan turun ke tanah untuk mencari makan.
  • Jika sudah di dapat lokasinya sekarang taburkan beras/jagung di lokasi tersebut
  • perhatikan dari kejauhan, bila burung tekukur memakan beras/jagung tersebut maka tidak lama setelah itu burung tekukur akan teler.
  • Pada saat burung sempoyongan maka waktunya untuk menangkap burung.
  • Untuk menyadarkan burung sebaiknya diamkan burung di dalam kandang selama beberapa jam sambil menyipratkan air ke kepala burung tekukur.

1 comment:

  1. Saya mau beli di tokopedia ada yg harganya miring, https://www.tokopedia.com/vip-klikdotnet/jaring-burung-jaring-manuk-15mtr , boleh dicoba gan

    ReplyDelete

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.