Wednesday, 1 July 2015

Memelihara Burung Ruak Ruak atau Ayam Ayam

Pojokshare.com- Burung ruak-ruak dan ada juga sebagian daerah di indonesia yang menyebutnya dengan burung ayam-ayam serta burung kareo adalah jenis burung yang banyak menghabiskan masa hidupnya di daratan dan hanya sesekali terbang dan itupun dalam jarak yang sangat rendah. Burung ruak-ruak tersebar luas di hampir seluruh nusantara. Burung ini terbilang mempunya populasi yang cukup tinggi.
Burung ruak-ruak memiliki kebiasaan dan senang mendiami daerah yang memiliki banyak air seperti daerah rawa-rawa dan sekitaran sawah. Lahan berair seperti ini sangat di sukai burung ruak-ruak karena kaya akan sumber makanan seperti ikan-ikan kecil, belalang dan biji-bijian padi.

Foto Burung Ruak Ruak Yang Di Beri Makan Berupa Beras
Burung ruak-ruak merupakan jenis burung yang dapat di konsumsi. Tak heran banyak pemburu menangkap burung jenis ini untuk mereka konsumsi mapun di jual kembali kepada pengepul. Jenis kuliner berbahan dasar burung ruak-ruak mungkin masih asing bagi sebagian orang, namun di beberapa daerah di sumatra jenis burung ini kerap kali di gunakan sebagai lauk pauk. Bahkan menjadi menu khusus di rumah makan yang menyajikan makanan berbahan dasar aneka unggas yang berada di sumatra utara.
Memelihara burung ruak-ruak tentu sangat menguntungkan dan memiliki manfaat ganda yaitu sebagai hewan peliharaan dan sebagai hewan yang dapat di konsumsi layaknya ayam. Memelihara burung ruak-ruak sangatlah mudah dan tak berbeda jauh ketika memelihara ayam. Bagi anda yang tertarik untuk memelihara dan membudidayakan burung ruak-ruak simak tips-tips berikut :
  1. Siapkan sepasang atau lebih indukan burung ayam-ayam. Untuk indukan ini anda dapat membeli di toko-toko burung ataupun menangkap sendiri. Untuk menangkap sendiri dapat menggunakan cara menggunakan jaring simak caranya Disini , memikat menggunakan suara handphone Disini dan menggunakan pancing Disini.
  2. Siapkan satu kandang ukuran sedang ataupun besar. Alangkah baiknya kandang langsung berlantaikan tanah sehingga menyerupai habitat asli burung.
  3. Burung ruak-ruak sangat menyukai lahan berair, untuk itu lengkapi kandang dengan kolam ukuran kecil.
  4. Berilah makanan secara teratur setiap harinya. Burung ruak-ruak merupakan jenis burung yang memakan banyak jenis makanan seperti jangkrik, kroto, buah-buahan seperti pisang , pepaya, biji-bijian seperti beras dan tak ada salahnya mencoba memberi voer.
Memelihara burung ruak-ruak dapat memberikan keuntungan ganda. Bila anda berhasil membudidayakan burung ini maka hasilnya dapat anda konsumsi sendiri maupun di jual kepasaran.

1 comment:

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.