Sunday, 22 March 2015

Cara Menangkap Burung Ruak-Ruak Menggunakan Suara Rekaman Handphone

Pojokshare.com- Burung ruak-ruak atau sebagian daerah menyebutnya burung ayam-ayam merupakan jenis burung yang banyak menghabiskan hidupnya di darat. Jenis burung ini memiliki tampilan fisik bewarna hitam dengan dipadu warna putih di bagian bawah perut. Populasi burung ayam-ayam terbilang sangat banyak dan tersebar hampir di seluruh indonesia. Burung ini paling banyak di jumpai didaerah yang berair seperti rawa-rawa, karena memang sumber utama makanan burung ayam-ayam adalah hewan air seperti ikan dan udang, selain beberapa jenis serangga dan belalang juga menjadi favorit burung ini.

Jenis burung ini merupakan jenis burung konsumsi, sehingga banyak yang memburunya untuk menjadi santapan. Rasa dagingnya hampir mirip seperti ayam, hanya saja daging yang dimiliki sangat tipis karena disesuaikan ukuran nya yang kecil. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjerat, menangkap ataupun memikat burung ayam-ayam, antara lain:

  1. Menjerat menggunakan alat jerat yang telah dibuat sedemikian rupa
  2. Memancing, yaitu dengan menggunakan kail pancing yang dipasang umpan berupa belalang
  3. Menggunakan Jaring Jaring khusus untuk menjerat burung
  4. Memikat menggunakan suara (biasa nya menggunakan suara yang berasal dari rekaman HP)
Memikat menggunakan suara rekaman HP merupakan cara terbaru yang bisa dibilang unik dan paling modern untuk mendapatkan burung ayam-ayam. Cara ini terbilang ampuh, bukan tampa alasan sesuai pengalaman penulis sendiri yang pernah langsung terjun kelapangan untuk mengikuti para pemburu burung ayam-ayam. Dalam tempo 1 jam pemburu dapat menangkap beberapa burung ayam ayam hanya dengan tangan kosong. Dimana sebelumnya burung burung ini dipanggil menggunakan suara tiruan dari rekaman HP. Untuk anda yang ingin mencoba trik menangkap burung ayam-ayam menggunakan suara rekaman HP dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

* Download terlebih dahulu suara rekaman burung ruak-ruak pada link dibawah, lalu copykan kedalam HP


download[4]
KLIK TOMBOL DIATAS UNTUK DOWNLOAD SUARA BURUNG RUAK2 GRATIS

Persiapkan Peralatan 


  • Handphone, Sediakan 1 atau beberapa handphone. Usahakan HP yang dipersiapkan adalah HP yang memiliki daya tahan batrai yang cukup kuat, karena HP akan di hidupkan terus menerus selama masa perburuan. Type HP yang bagus adalah NOKIA type jadul tetapi yang sudah mendukung MP3. Jangan pergunakan HP android karena batrai terlalu boros. 




  • Senter, Senter berguna untuk menyenter burung ayam-ayam. Ketika burung ayam-ayam sudah mendekat dan dapat di jangkau segera senter matanya, hal ini dimaksud agar burung merasa silau dan fokus pada sinar senter. Pada saat matanya di sorot lampu senter burung ayam ayam cenderung menjadi diam. Pada saat itu kesempata kita untuk menerkamnya.


  • Sepatu Boat, Pakailah sepatu boat agar keselamatan terjaga. Dengan sepatu boat mengurangi resiko tergigit binatang seperti ular dan pacet.

  • Pakaian Hitam, Pergunakanlah pakaian serba hitam, hal ini dimaksudkan agar keberadaan kita tidak terlalu mencolok sehingga burung tidak takut dan  peluang untuk menggiring burung ayam ayam datang lebih besar.

  • Sangkar Burung, Sediakan sangkar burung untuk meletakkan seandainya burung berhasil di tangkap.

  • Jaring, Peralatan yang satu ini boleh dipergunakan atau juga tidak, menurut pengalaman dengan tangan kosong untuk melakukan proses penangkapan sudah cukup berhasil.


Proses Perburuan
  1. Perburuan dilakukan dimalam hari. Perhatikan cuaca, jangan lakukan perburuan apabila langit terang dengan cahaya rembulan. Kondisi yang baik ialah saat bulan tertutup awan.
  2. Tentukan lokasi, Untuk mengecek apakah ada burung di sekitar lokasi cobalah hidupkan Rekaman Suara burung. Biasanya jika di lokasi terdapat burung maka ketika mendengar suara rekaman, burung ayam ayam akan langsung menyaut.
  3. Duduk atau sembunyilah di balik semak-semak atau pohon. Perhatikan terus suara burung ayam- ayam. Secara perlahan burung akan mendekat pada sumber suara.
  4. Perhatikan terus sekitar anda, karena ada type perilaku burung ketika mendekat. (1) Type yang selalu bersuara sambil berjalan atau terbang mendekat, (2) Type yang diam, dan secara tiba-tiba telah berada disamping atau di sekitar kita.
  5. Jika burung sudah sangat dekat dan dirasa sudah berada dalam jangkauan, Hidupkan senter dan secara cepat langsung arahkan kemata Burung. Secara spontan burung akan diam dan fokus melihat kearah senter.
  6. Ketika burung sudah diam dan fokus ke senter, lakukanlah gerak cepat untuk menerkam. Proses menerkam atau menangkap bisa dilakukan oleh anda sendiri atau teman sesama pemburu, tergantung dari posisi siapa yang memungkinkan untuk menjangkau burung.
  7. Jika perlu gunakanlah jaring untuk menangkap

18 comments:

  1. Baru tahu metode baru untuk menangkap burung ruak-ruak, memang gampang untuk menangkapnya bila sudah tahu cara maupun tips dan triknya.

    ReplyDelete
  2. Trimakasih, sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Pernah dengar cerita teman2 yg sudah mencobanya, dan ada yg berhasil ada juga yg lari terbirit2 karen yg datang bukan burung tetapi raja burung atau setan. Apa angan pernah mengalami atau cerita setan ini cuma mitos. Katanya apa bila niat sang pemburu serakah sudah dapat sepuluh tapi minta 20 dan seterusnya.konon katanya tanda2 setan itu akan datang burung ruak2 akan terbang mendekat tetapi dengan posisi burung terbalik. Setiap daerah2 laian2 didaerah kami seperti itu. Menurut cerita teman2. Saya dari pedalaman kalimantan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin aj memang ad yang seperti itu, maklum perburuan ini biasanya di lakukan di malam hari dgn lokasi semak dan hutan. Jadi kemungkinan mengalami hal mistis bs saja terjadi.
      Tapi alhamdulillah setelah bebrapa kali ikut berburu seperti ini, saya tidak pernah mengalami hal2 berbau mistis

      Delete
    2. Benar sekali yg di katakan desa mual.sya jga prnh dngar hal spt tu.jd lbih aman jerat pagi atau sore hari pake jeratan

      Delete
  4. Replies
    1. gak mas..
      biasanya klo berburu jarang dapat anakan dan juga sekarang udah jarang berburu

      Delete
  5. Assalamualaikum tuan adi kurnadi yg budiman.Mhon izin download suara rakaman burung ruak2 dan memanfaatkan serta share dgn sahabat2..trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok, silahkan download
      semoga bermanfaat

      Delete
    2. Trima kasih byk tuan.cara pnyampaian tuan sgt bagus..
      As salam sy dr Malaysia.

      Delete
    3. wah tamu jauh ya.
      terima kasih atas kunjungannya tuan :D
      saya baru tau di malaysia burung ruak2 sering di tangkap juga ya.

      Delete
  6. Brpa kli aq cuba gan..tpi burung ruak2ny gak mau mndekat..hny bunyi saja di tmpt..mhn solusiny gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. usahakan saat berburu jangan berisik gan dan pakai pakaian hitam.
      tapi bila buruk gak mau dekat juga mungkin ini belum nasib agan :D

      coba cara lain yaitu menggunakan jaring burung. harga jaring burung berkisar rp 50.000 ukuran 3 x 10 meter.

      jika menggunakan jaring perburuan juga dapat di lakukan di siang hari dan saya pernah coba serta sukses menangkap burung ayam2 dengan cara ini.

      lebih lengkap baca http://www.pojokshare.com/2015/06/menjerat-burung-menggunakan-jaring.html

      Delete
  7. Replies
    1. silahkan mas, semoga sukses perburuannya

      Delete
  8. Biasanya kalau buru pake peluit buatan sendiri.. mw coba yg pake mp3 ijin download

    ReplyDelete
  9. Berapa menit stelah mp3 ruak di bunyikan baru burungnya mendekat gan??

    ReplyDelete
  10. raja berburu ruak ruak26 January 2017 at 12:04

    mff bukan sya mengejek ... kalo suara pikat nya begitu gk bakalan ruak mendekat .. mending tidur aja booss ...

    ReplyDelete

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.